Rabu, 06 Januari 2010

Mengamankan Flashdisk dengan Safety Zone

Virus memang bikin susah bila sudah terkena dampak nya, apalagi banyak file-file yang sudah terinfeksi, udah gitu suka ada tulisan-tulisan aneh, gambar gak jelas lah dll, virus biasa nya menular dari komputer yang tidak menggunakan antivirus atau web/blog yang sengaja di sisipi virus dan teman-teman nya (varian) nya.
media untuk menularkan virus ini biasanya melewati flashdisk yang tidak ada proteksi nya, memang sebagian flashdisk ada juga yang menggunakan "safety zone", tapi itu bagi flashdisk-flashdisk yang mahal harga nya, nah buat flashdisk-flashdisk yang belum punya "safety zone" ini ada beberapa cara untuk membuat "safety zone" itu. berikut langkah-langkah nya:

1. Pastikan flashdisk yang di gunakan sudah terbebas dari virus dan varian nya.
2. Pastikan juga aplikasi winrar/zip sudah terinstall di komputer.
3. Buat folder baru dengan nama "aman1" (boleh juga dengan nama 0yang lain) di flashdisk sebagai tempat yang akan di gunakan untuk "safety zone" (boleh lebih dari satu).
4. Copy semua file yang ingin anda proteksi ke dalam folder tersebut.
5. Selanjutnya zip/rar kan lah folder tadi maka folder tersebut berubah nama menjadi "aman1.rar".
6. Dalam posisi di Windows explorer buka menu Tools -> Folder options -> view -> lalu hilangkan tanda cheklist di "hide extensions for known file types".
7. Lihat folder yang sudah di zip/rar tadi kemudian hapus ekstension nya, "aman1.rar" hapus tulisan "rar" tadi.
8. Lalu muncul kotak dialog pilih "yes" saja, folder yang di ubah ekstensi nya menjadi "Unuseable" tidak akan bisa di sisipi oleh apapun kecuali ekstensi nya di ubah seperti semula.
9. selesai, flashdisk di bagian "safety zone" tadi telah aman dari copy-paste virus yang dilakukan secara otomatis. dan untuk membuka file tadi cukup copy folder "safety zone" yang tadi, lalu tambahkan ekstensi "rar" di folder yang telah di copy, lalu buka file copy-an tersebut dan setelah selesai hapuslah file copy-an tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar